Tips Mengatasi PC Mati Sendiri

Komputer sering mati sendiri secara tiba-tiba tentunya sangat  menggangu sekali. Tidak hanya kerjaan yang belum tuntas, risiko terburuk tak tersimpannya file pekerjaan tersebut dapat saja terjadi sehingga kita harus memulainya lagi dari awal. Jika sobat jauh dari bengkel komputer dan ingin memperbakinya sendiri, berikut tips mengatasi PC mati sendiri.

Mengatasi permasalahan komputer yang mati secara tiba-tiba memang tidaklah mudah. Kita harus mengikuti langkah demi langkah agar hasilnya dapat optimal, dan PC pun dapat hidup kembali. Dari beberapa kesempatan, berikut langkah-langkah memperbaiki komputer yang mati sendiri:

Solusi Hardware

Dari segi hardware, komputer yang tiba-tiba mati sendiri dapat disebabkan oleh beberapa hal, baik power supply maupun memori.  Jika sobat mendapati PC tiba-tiba mati, cek dulu kabel-kabel yang mengarah ke power supply. Pastikan aliran listrik normal dan power supply juga bekerja optimal. Jika perlu, ganti power supply dengan yang baru.

 

Kadang kalai, PC yang tiba-tiba mati juga disebabkan oleh memori (RAM). Solusinya, coba sbat cabut memori tersebut dari slotnya. Bersihkan dengan hati-hati dan pasang kembali. Jika masih terdapat sisa slot, sobat juga bisa memindahnya ke slot satunya. Jika memungkinkan, pinjam memori yang masih bagus dari PC teman untuk mengecek rusak-tidaknya memori milik sobat.

Solusi Software

Komputer yang mati sendiri juga dapat diakibatkan oleh adanya virus yang telah mengjangkiti PC sobat. Virus ini dapat saja masuk melalui hardisk external, falhsdisk, CD maupun koneksi internet tanpa sobat sadari. Solusi memperbaiki komputer yang mati gara-gara virus ini dapat berupa penginstalan anti virus yang paling update dan mumpuni, seperti Norton, AVG, Smadav, Avira, Avast, dan lain-lain.

Tentu untuk menginstal anti virus dalam mengatasi PC yang tiba-tiba mati ini, sobat perlu menghidupkan kembali komputer tersebut. Jika memang hardware PC sobat bukan penyebabnya, umumnya komputer masih bisa dihidupkan kembali, minimal untuk masuk ke BIOS. Nah, langkah pengintallannya pun dapat sobat lakukan setelah PC hidup.

Itulah sekilas tentang tips mengatasi PC mati sendiri. Pengalaman akan membuat kita lebih dewasa. Demikian halnya, pengalaman memperbaiki sendiri komputer yang rusak dapat menjadikan kita lebih sigap jika sewaktu-waktu mengalaminya tanpa harus pergi ke bengkel.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *