Setelah Rizieq Shihab Ditahan, Karangan Bunga Penuhi Polda Metro Jaya

Rizieq Shihab ditahan polisi di rutan Polda Metro Jaya pada Minggu (13/12/2020) dini hari. Tampak karangan bunga dari berbagai pihak, berisi dukungan dan ucapan terima kasih untuk Polda Metro Jaya. Beberapa pesepeda dan pejalan melintas di depan dan mengabadikan karangan bunga tersebut.

Sementara itu, sejumlah petugas kepolisian berjaga di depan pintu masuk Polda Metro Jaya. Di area lapangan, Brimob dan TNI tengah bersiaga. Terpantau tiga mobil water cannon dan satu mobil pengurai massa berada di sana.

Sebelumnya, Rizieq Shihab resmi ditahan selama 20 hari ke depan di Rutan Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan. Ia ditahan usai diperiksa penyidik selama lebih dari 10 jam atas kasus kerumunan di Petamburan. Penahanan terhadap Rizieq Shihab melandaskan pada alasan obyektif dan subyektif.

Alasan obyektif penahanan Rizieq Shihab yakni adanya ancaman penjara di atas lima tahun terkait kasus kerumunan di Petamburan, Jakarta, beberapa waktu lalu. Sementara alasan subyektif yakni agar Rizieq Shihab yang telah berstatus tersangka tidak bisa melarikan diri dan menghilangkan barang bukti terkait kasus pidana yang menjeratnya. "Untuk alasan obyektif ancaman di atas lima tahun, kemudian yang subyektif kenapa dilakukan penahanan, yang pertama agar tersangka tidak melarikan diri," ucapKadiv Humas Polri Irjen Pol Argo Yuwono di Polda Metro Jaya, Jakarta, Minggu (13/12/2020) dini hari.

"Kemudian tersangka tidak menghilangkan barang bukti, dan yang ketiga adalah tidak mengulangi perbuatannya," sambung Argo. Argo menjelaskan, alasan subjektif di balik penahanan Rizieq Shihab adalah agar proses penyidikan kasus pelanggaran protokol kesehatan Covid 19 dapat dipermudah. "Dan intinya adalah dilakukan penahanan agar mempermudah proses penyidikan," pungkas Argo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *