Kemendikbud Dukung Anak Berkebutuhan Khusus Berprestasi

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mendukung anak berkebutuhan khusus untuk mendapatkan prestasi. Kepala Pusat Prestasi Nasional Kemendikbud Asep Sukmayadi berharap anak berkebutuhan khusus dapat mengaktualisasikan diri. "Kami juga memberikan dorongan kepada peserta didik berkebutuhan khusus untuk berusaha mengaktualisasikan diri, dan bersaing secara sehat dalam mencapai puncak prestasi sesuai dengan kemampuan yang dimiliki," ujar Asep melalui keterangan tertulis, Rabu (4/11/2020).

Kemendikbud menggelar Lomba Keterampilan Siswa Nasional (LKSN) Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) tingkat nasional Tahun 2020. Tujuan ajang ini untuk menggali potensi peserta didik berkebutuhan khusus bidang non akademik. Khususnya di bidang keterampilan setelah menyelesaikan pendidikan khusus. "Kami juga ingin meningkatkan semangat kemandirian dalam berkarya dan berprestasi, serta mendapatkan peserta didik yang terampil dalam bidang non akademik," ucap Asep.

Di tengah pandemi Covid 19, pelaksanaan ajang ini diselenggarakan secara dalam jaringan (daring). Seluruh peserta mengikuti lomba dari rumah dengan didampingi oleh orang tua atau dari unsur sekolah atau pelatih setempat yang diprakarsai oleh Dinas Pendidikan setempat. Mekanisme pelaksanaan perlombaan wajib mengikuti protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran pandemi Covid 19.

Artikel ini merupakan bagian dari KG Media. Ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *