Begini Nasib Ular Piton Pemangsa Kambing Bunting di Aceh Singkil

Ular piton pemangsa kambing bunting di permukiman penduduk Gosong Telaga Timur, Kecamatan Singkil, Utara, Aceh Singkil dilepas personel BKSDA ke Suaka Margasatwa Rawa Singkil. "Ular sudah dilepas ke habitatnya di Rawa Singkil," kata Sitino Kepala BKSDA Resort 18 AcehSingkil, Jumat (22/1/2021). Ular tersebut berhasil ditangkap warga setelah kekenyangan menelan makanan berukuran besar, Kamis (14/1/2021) siang.

Ular itu sempat dievakuasi menggunakan mobil pemadam kebakaran ke kantor BKSDA Resort 18 Aceh Singkil. Ular tersebut menghebohkan warga, lantaran ukurannya besar. Apalagi di dalam perutnya terdapat kambing bunting, sehingga terlihat menonjol di banding bagian tubuh lainnya. Ular sanca (pythonidae) berbobot berat. Saat menggeser dari mobil pemadam kebakaran ketika sampai di kantor BKSDA butuh lima pria.

Besarnya mangsa yang ditelan membuat kulit bagian perut ular terlihat tonjolan kaki kambing. Kaki kambing itu terlihat jelas terutama telapak kakinya dari bagian luar kulit perut ular.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *