Lifestyle

5 Tips Mendidik Anak agar Patuh dan Tidak Manja

5 Tips Mendidik Anak agar Patuh dan Tidak Manja

Menyediakan kebutuhan anak memanglah tugas dari setiap orang tua tapi bukan berarti anak harus dibantu dalam segala hal. Didikan yang terlalu berlebihan bisa menyebabkan anak menjadi manja sehingga sukar hidup mandiri. Berikut ini beberapa tips mendidik anak agar anak bisa tumbuh menjadi pribadi yang mandiri.

1. Konsisten dengan Perkataan

Faktor utama yang menjadikan anak menjadi manja adalah orang tua yang tidak konsisten dalam setiap perkataannya. Hal ini bisa terjadi ketika anak meminta sesuatu dan orang tua berkata tidak, tetapi pada akhirnya membelikan benda tersebut. Perbedaan sikap ini akan tertanam pada anak bahwa ketika mereka merengek maka keinginannya akan dikabulkan. 

2. Biarkan Anak Bertanggung Jawab

Kesalahan selanjutnya adalah ketidak pahaman orang tua tentang mana tanggung jawab anak yang perlu dibantu dan mana yang tidak. Misalnya saja ketika anak bermain, perlahan ajari anak untuk membereskan semua mainannya sendiri tanpa dibantu. Sikap ini juga bisa dilatih di usia lebih kecil dengan membiarkan anak makan sendiri meskipun berantakan.

3. Komunikasi dengan Jelas

Anak tidak selalu mengerti pikiran orang tua apalagi ketika sudah menginginkan suatu barang. Biasakan untuk menjalin komunikasi secara penuh pada anak ketika keinginannya dirasa berlebihan untuk dipenuhi. Penjelasan ini akan membuat anak belajar mengerti dengan kondisi di sekitarnya dengan lebih baik.

4. Melatih Anak Mengambil Keputusan Sendiri

Alih-alih bersikap otoriter, Anda bisa mengajarkan anak untuk mulai membuat keputusan sendiri. Cobalah ajak anak bicara terlebih dahulu tentang sekolah mana yang diinginkan atau dalam hal kecil seperti membeli mainan. Berikan batasan dan biarkan anak memilih keinginannya sendiri.

5. Apresiasi

Memberikan apresiasi pada anak mungkin terasa memalukan bagi beberapa orang tua tetapi ini penting untuk membangun kepribadian anak. Cobalah untuk memberikan apresiasi berupa ucapan ketika anak berhasil meraih suatu hal.

Masih ada banyak tips mendidik anak agar tidak tumbuh menjadi pribadi yang manja tetapi yang paling penting adalah konsistensi. Lakukan semua tips di atas secara terus-menerus tanpa berhenti agar kepribadian anak bisa terbentuk seutuhnya hingga kelak dewasa. 

Share this post

About the author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *