Kesehatan

5 Penyakit Terbanyak di Indonesia, Anda Wajib Waspada!

5 Penyakit Terbanyak di Indonesia, Anda Wajib Waspada!

Asuransi di Indonesia bisa memberikan perlindungan saat Anda terkena penyakit. Apalagi, di tengah perubahan gaya hidup modern, Indonesia menghadapi tantangan besar dalam menjaga kesehatan masyarakatnya. Maka, Anda perlu memahami beberapa penyakit terbanyak di Indonesia sebagai langkah awal perlindungan.

Artikel ini akan membahas beberapa penyakit yang paling banyak menjangkiti masyarakat Indonesia. Namun, sebelum itu, Anda juga perlu tahu memiliki asuransi seperti yang ditawarkan oleh FWD Insurance menjadi langkah penting lainnya dalam melindungi diri sendiri dan keluarga.

5 Penyakit Terbanyak di Indonesia

Melansir data dari BPJS, penyakit tidak menular menjadi permasalahan utama diantara penduduk Indonesia. Meskipun demikian, masih ada satu penyakit infeksi yang juga mengalami peningkatan di Indonesia. Apa saja penyakit terbanyak di Indonesia? Di bawah ini uraian dari 5 penyakit tersebut.

1. Stroke

Stroke adalah situasi saat suplai darah ke otak terganggu. Kondisi ini  mengakibatkan otak kekurangan oksigen dan nutrisi, sehingga sel-sel otak dapat mati.

Terdapat beberapa faktor risiko yang berkontribusi pada terjadinya stroke. Diantaranya seperti kelebihan berat badan, usia di atas 55 tahun, riwayat keluarga stroke, gaya hidup, serta kebiasaan merokok dan mengonsumsi alkohol.

Tanda-tanda yang perlu diwaspadai, meliputi bicara yang tidak jelas, sakit kepala, mati rasa atau kelemahan pada wajah, lengan, atau kaki terutama di satu sisi tubuh.

Selain itu, mengalami masalah penglihatan pada satu atau kedua mata, serta kesulitan berjalan atau menggerakkan kaki.

2. Hipertensi

Hipertensi, sering disebut tekanan darah tinggi, adalah kondisi kesehatan kronis di mana tekanan darah dalam arteri secara konsisten berada pada tingkat yang lebih tinggi dari yang seharusnya.

Kondisi ini bisa berlangsung lama tanpa gejala yang nyata, sehingga sering kali disebut sebagai ‘pembunuh diam-diam’.

Penyebab hipertensi bisa bervariasi, termasuk faktor genetik, obesitas, kurang aktivitas fisik, konsumsi alkohol dan garam yang berlebihan, serta stres.

3. Diabetes

Diabetes menjadi salah satu penyakit terbanyak di Indonesia lainnya. Penyakit diabetes adalah gangguan metabolik kronis yang ditandai dengan tingginya kadar gula (glukosa) dalam darah.

Gejala umum diabetes meliputi sering merasa haus, sering buang air kecil, kelelahan, penglihatan kabur, dan penurunan berat badan yang tidak terjelaskan (khususnya pada diabetes tipe 1).

Diabetes tidak dapat disembuhkan. Namun, dapat dikelola dengan pengaturan diet, olahraga teratur, penggunaan insulin atau obat-obatan lain, dan pemantauan rutin kadar gula darah.

4. TBC

Indonesia tetap menjadi salah satu negara dengan jumlah kasus TBC yang tinggi. TBC disebabkan oleh bakteri Mycobacterium tuberculosis dan seringkali memengaruhi paru-paru.

Penularannya terjadi melalui udara ketika penderita batuk, bersin, atau meludah, sehingga partikel kecil berisi bakteri dapat tersebar di udara.

Orang yang menghirup partikel udara tersebut dapat terinfeksi TBC. Meskipun demikian, TBC dapat disembuhkan dan dicegah dengan tindakan yang tepat.

5. Gagal Jantung

Gagal jantung adalah kondisi ketika jantung tidak mampu memompa darah ke seluruh tubuh dengan optimal.

Tanda-tanda yang harus Anda waspadai meliputi sesak napas setelah melakukan aktivitas berat, cepat merasa lelah, bengkak pada pergelangan kaki, pusing, serta detak jantung yang tidak normal.

Dapatkan Asuransi di Indonesia Melalui FWD Insurance!

Dalam menghadapi risiko penyakit-penyakit tersebut, memiliki asuransi di Indonesia adalah keputusan yang bijak. FWD Insurance menawarkan berbagai produk asuransi kesehatan untuk melindungi Anda dan keluarga dari beban finansial yang tidak terduga akibat biaya perawatan medis.

Bersama FWD Insurance, Anda dapat memiliki ketenangan pikiran dalam menjalani hidup sehari-hari dan menghadapi masa depan yang lebih sehat. Yuk, dapatkan produk asuransinya sekarang dengan menghubungi FWD Customer Care!

Referensi:

https://hellosehat.com/sehat/gejala-umum/penyakit-terbanyak-di-indonesia/

https://kesmas.kemkes.go.id/konten/133/0/masalah-dan-tantangan-kesehatan-indonesia-saat-ini

https://www.fwd.co.id/id/fwdmax/passionstory-financial-literacy/asuransi-kesehatan-definisi-jenis-dan-fungsinya/

Share this post

About the author

Leave a Reply

Your email address will not be published.