5 Jenis Obat Tradisional untuk Atasi Demam Tinggi

Salah satu tanda tubuh tengah melakukan perlindungan diri terhadap serangan virus, kuman atau bakteri melalui demam. Tidak hanya bisa mencoba obat pereda demam yang efektif yaitu Sumagesic Paracetamol 600mg, Anda juga bisa menurunkan suhu panas dengan bahan tradisional yang ada di pasaran.

Rekomendasi bahan alami yang bisa menurunkan demam

Menurunkan demam yang tinggi bisa dilakukan secara perlahan seperti istirahat cukup, minum air putih yang banyak guna mencegah dehidrasi, mandi air hangat, dan mengompres tubuh menggunakan air bersuhu ruang. Selain itu, Anda juga bisa memakai bahan alami yang bisa menurunkan panas tubuh dengan optimal yaitu :

1.     Jahe

Rempah yang mudah ditemukan di dapur ini bisa menurunkan panas tubuh sebab mengandung anti radang dan zat yang efektif melawan infeksi virus atau bakteri. Anda bisa mengkonsumsi jahe dalam bentuk minuman hangat setiap pagi atau sore hari. Bila demam merupakan indikasi Anda akan terkena flu atau batuk, maka efek jahe bisa meringankan rasa sakit tenggorokan.

2.     Kunyit

Selain jahe, jenis rempah yang bisa menurunkan panas tubuh dengan baik adalah kunyit. Anda bisa menggunakan kunyit segar atau produk kunyit bubuk yang mengandung anti radang dan antibakteri. Caranya Anda bisa membuat minuman tradisional berupa kunyit yang diparut, direbus dengan air panas dan minum secara rutin.

3.     Daun pegagan

Siapa yang tidak tahu khasiat daun pegagan sebagai ramuan tradisional yang efektif meredakan panas tubuh yang berlebih? Ya, daun pegagan bisa Anda gunakan untuk menurunkan panas tubuh dengan cara merebus beberapa daun pegagan dengan dua gelas air.

Biarkan air mendidih sampai tersisa satu gelas saja, saring dan minum saat hangat atau dingin secara rutin minimal tiga kali sehari. Dijamin panas tubuh anak akan cepat turun dengan khasiat daun tradisional ini.

4.     Daun sambiloto

Selain daun pegagan yang bisa meredakan demam tubuh anak-anak atau orang dewasa pun, Anda juga harus tahu bahwa bahan tradisional untuk menurunkan suhu tubuh adalah daun sambiloto. Penelitian di Thailand menunjukkan bahwa daun sambiloto sebanyak 6 gram bisa memberikan efek yang sama seperti obat paracetamol. Anda yang kehabisan stok Sumagesic Paracetamol 600mg bisa memakai daun sambiloto ini.

Cara membuat ramuan daun sambiloto yang terkenal pahit dengan mencampur kunyit dan air dua gelas saja. Anda bisa menambahkan satu sendok madu untuk meringankan rasa pahit yang ada pada ramuan sambiloto yang sudah direbus dan didinginkan tersebut. Minum tiga kali sehari guna menurunkan panas tubuh lebih efektif.

5.     Temulawak

Temulawak bisa menjadi pereda panas yang bersifat anti radang dan antibiotik sehingga bisa melawan infeksi bakteri yang sebabkan demam tubuh. Rimpang temulawak perlu dicuci sampai bersih, parut dan tambahkan air panas setengah gelas saja. Minum setelah ramuan berubah dingin dan tambahkan madu bunga kapuk yang bisa Anda konsumsi setiap pagi, siang dan sore hari.

Tentu masih ada banyak ramuan tradisional yang efektif menurunkan panas tubuh di Indonesia seperti bawang merah, daun meniran, ginseng, dan lain-lain. Anda yang ingin menurunkan panas tubuh tanpa bahan kimia bisa menggunakan cara alami ini, lho!

Namun, penggunaan obat tradisional yang kurang praktis bisa mengganggu mobilitas Anda yang sibuk atau sering bepergian. Sebaiknya selalu sediakan obat Sumagesic Paracetamol 600mg yang aman dikonsumsi asal sesuai dengan aturan minum yang ada di kemasan. Demam yang bisa turun lebih cepat bisa membuat Anda kembali produktif dan siap menjalani hari lebih baik.

 

 

Sumber

https://www.alodokter.com/obat-demam-tradisional-untuk-membantu-menurunkan-demam-ringan

https://regional.kompas.com/read/2008/08/21/09303740/obat.tradisional.pengusir.demam.anak?page=all

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *